Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Diabetes

Diabetes melitus merupakan salah satu pernyakit ganas yang menimpa seseorang yang tubuhnya tidak lagi mampu memproduksi cukup insulin sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan insulin menyebabkan kadar sukrosa di dalam tubuh tidak dapat diolah dengan maksimal sehingga akhirnya masuk ke dalam darah dan meningkatkan kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes ditandai dengan gejala mudah lapar dan haus, sering ke kamar kecil, dan proses penyembuhannya luka akan memakan waktu lama.

Saat ini penyuntikan insulin merupakan salah satu pengobatan paling populer untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Namun cara ini tentu saja tidak efektif dan juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu banyak orang yang lebih suka mencari pengobatan alternatif. Pengobatan alternatif dengan obat herbal dipilih karena selain biayanya lebih murah juga aman bagi kesehatan karena manggunakan bahan alami.

khasiat daun sirih

Manfaat daun sirih merah untuk diabetes pada dasarnya berasal dari senyawa penting seperti tannin, alkaloid, saponin dan flavanoid. Aktivitas hipoglikemik pada senyawa-senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu kandungan tannin dan saponin berperan sebagai anti mikroba untuk memerangi virus dan bakteri

Sekarang yang menjadi pertanyaan adlah apakah ekstrak daun sirih aman untuk dikonsumsi untuk jangka panjang? Karena berasal dari alam tentu saja daun sirih aman dikonsumsi dan hampir tidak menimbulkan efek samping negatif. Untuk mendapatkan ekstrak daun sirih caranya cukup mudah, cuci sampai bersih 200 gram saun sirih merah kemudian masak dengan rebus 1 liter air dan rebus sampai mendidih dan sisakan 100 ml saja. Saring dan minum air ini lalu rasakan manfaatnya.

0 comments:

Post a Comment